19.12.15

Merumuskan Standar Guru Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Merumuskan Standar Guru Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan - Untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan nasional pemerintah tidak hanya memberikana sarana dan prasarana yang bisa digunakan oleh semua peserta didik atau siswa akan tetapi kualitas pengajar atau seorang guru juga perlu ditingkatkan dan untuk itulah pemerintah melalui Kementerain Riset dan Pendidikan Tinggi mulai membuat acuan tentang Standar Nasional Pendidikan Guru atau SNPG yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan atau LPTK yang berfungsi dalam memberikan pendidikan kepada para calon guru sebelum mereka benar-benar menjadi guru pengajar tetap dan untuk itulah melalui pemerintah melalui kementerian merumuskan standar guru nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan

Merumuskan Standar Guru Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Nantinya dengan adanya standar nasional pendidikan guru ini diharapkan bisa benar-benar menjadi acuan dalam penyelenggaraan pendidikan untuk para calon guru. Pembahasan mengenai standar guru nasional ini disampaikan oleh Kemristekdikti Dr. Paristiyanti Nurwardani dalam sebuah acara USAID yaitu lembaga bantuan pembangunan internasional dari Amerika dalam "Lokakarya Instruktur Pendidikan Profesi Guru di LPTK" yang diselenggarakan di Semarang

Didalam acara lokakarya tersebut Kemristekdikti Dr. Paristiyanti Nurwardani menyampaikan kalau beliau sudah melakukan pertemuan dengan 17 rektor dan pimpinan LPTK, dimana 17 LPTK tersebut telah dilakukan revitalisasi mulai tahun 2015 yang mengharapakan adanya regulasi mengenai standardisasi pendidikan guru karena 17 LTPK tersebut sudah memiliki model pembelajaran yang baik dalam menyelenggarakan pendidikan untuk calon guru dan inilah yang perlu dipertahankan dengan memberlakukan standar guru nasional

Dengan adanya SNPG, maka seluruh LPTK akan memiliki acuan baku yang menjadi regulasi atau pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan calon guru tanpa menghilangkan ciri khas yang dimiliki masing-masing LPTK tersebut. Jika regulasi atau standar guru nasional ini berjalan tentunya masing-masing LPTK tidak harus memiliki metode pembelajaran yang sama, karena setiap LPTK memiliki ciri khas yang berbeda yang penting dalam pembelajaran tersebut terdapat komponen utama yaitu authentic assessment, pembelajaran aktif, dan mendorong siswa berpikir tingkat tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan
Load disqus comments

0 comments